sendi dasar bermain catur

CARA MENGENAL BUAH – BUAH CATUR

Dalam bermain catur kita tak kan dapat bermain dengan benar sebelum kita

mengenal dengan benar,tiap tiap buah buah catur dan nama namanya.

Mana perwira dan mana bidak, dan dimana posisi masing- masing sehingga kita bisa

menempatkan buah- buah catur kita sedemikian rupa sehingga dapat membentuk sebuah tatanan sistem yang seperti kita kehendaki menuju kemenangan.

Dan menurut aturan sendi dasar CATUR RANGGA ( empat angkatan perang) itu sen - diri perlu kita kenal dan pahami masing- masing dan karakter mereka.

Pada setiap bermain catur yang perlu kita kenali dan sediakan adalah adanya :

- RAJA : 1.( satu ) RAJA putih

: 1.( satu ) RAJA hitam

- MENTRI : 1.( satu ) MENTRI putih

: 1.( satu ) MENTRI hitam

- GAJAH : 2.( dua ) GAJAH putih

: 2.( dua ) GAJAH hitam

- KUDA : 2.( dua ) KUDA putih

: 2.( dua ) KUDA hitam

- BENTENG : 2.( dua ) BENTENG putih

: 2.( dua ) BENTENG hitam

- BIDAK : 8.( delapan ) BIDAK putih

: 8.( delapan ) BIDAK hitam

Jadi kalau kita jumlahkan keseluruhanya menjadi 2 dua Raja, 2 dua Mentrim, 4 empat, Gajah, 4 empat, Kuda, 4 empat, Beteng, 8 delapan Bidak. Keseluruhan buah-buah

8 delapan Perwira dan 8 delapan bidak putih, Dan 8 perwira serta 8 delapan bidak hitam

Keseluruhan buah adalah 16 enambelas putih dan 16 enam belas hitam.

Dan selanjutnya masing masing perwira punya nilai numerik dari pada bidak bidak

- BIDAK nilai numeric nya 1

- MENTRI nilai numeric nya 9 bidak

- GAJAH nilai numeric nya 3 bidak

- KUDA nilai numerik nya 3 bidak

- BENTENG nilai numerik nya 4 bidak

Dengan demikian kita akan tahu buah –buah catur kita dan berapakah nilai tukarnya terhadap bidak bidak dalm suatu permainan.

I.1. LAMBANG DAN PENGKODEAN BUAH CATUR

Dalam olah raga catur kita akan mengenal lambang- lambang menurut macamnya buah-buah catur Dan kode menurut nama-nama buah catur itu sendiri.Dalam pengkodean akan kita kenal dengan ; dua pengkodean menurut PB PERCASI Dan menurut FIDE.

Kode lambang Kode nama PB PERCASI FIDE

R : Raja K : King

M :Menteri Q : Queen

G : Gajah B : Bhisop

K : Kuda N : Knight

B : Benteng R : Rook

Bidak Pawn

Pada bab ini kita akan di bawa kepada arah dimana terjadi penulisan penulisan langkah-langkah pada notasi pada bab berikutnya ,ataupun pada pembelajaran menurut partai partai yang pernah dilakukan pada pertandingan kelas dunia, atau para grand

Master.Dalam melangkah. Dan teori apa pada prinsip ciri –ciri Dinamis, Organis,Pembukaan.

I.2. MENGENAL PAPAN CATUR

Papan catur berbentuk empat persegi panjang yang terbagi menjadi dua Lajur dan baris. Lajur adalah jajaran vertikal yang ada pada papan catur terdiri dari 8 delapan petak.Dan baris adalah jajaran horizontal yang ada pada papan catur yang terdiri8delapan petak, dan ada penambahan dari sisi menyerong pada petak petak sewarna disebut diagonal

GB. A

Pada papan catur terdapat gambar yang menunjukan baris ditandai dengan angka

Dari baris 1 sampai 8.

Dan ada yang ditandai dengan huruf menunjuk kan lajur vertical dari A sampai H

Pada pertemuan antara baris dan lajur disitu menunjukan posisi atau tempat buah.

I.3. TATA LETAK BUAH CATUR PADA PAPAN

Tata letak buah- buah catur pada papan adalah sebagai berikut:

Untuk buah putih . Perwira meduduki posisi baris 1. Bidak bidak menduduki baris 2 . Sedang hitam . Perwira menduduki posisi baris 8 dan bidak bidak menduduki posisi 7.

GB. B

Posisi ini sebagai posisi awal sebelum permainan catur dimulai.sekaligus sebagai penentu dari manakah putih akan mengadakan serangan melalui pembukaan, dan hitam pun akan menentukan pertahanan dari posisi ini pula.

I.4. CARA MENJALANKAN BUAH- BUAH CATUR

A. raja melangkah dari posisi awal pada lajur e1 untuk putih dan lajur e8 untuk hitam dengan cara menempati petak petak kosong pada d1, f1, d2, e2, f2,dan rokade.

Dan raja hitam dapat melangkah pada petak- petak kosong di posisi d8, f8, d7, e7, f7, dan rokade.

GB. C

B. Mentri posisi awal pada lajur D. d1. dan d7 untuk dan melangkah sepanjang baris yang tak bersinggungan dengan buah lain ,sepanjang lajur yang tak bersinggungan dengan buah lain, sepanjang diagonalnya yang tak bersinggungan dengan buah lain

GB.D

C. Gajah posisi awal gajah berada pada lajur C dan F dan gajah melangkah pada diagonalnya yang tidak bersinggungan dengan buah lain.untuk putih c1 dan f1 dan hitampadaposisi c8 dan f8

GB.E

D. Kuda posisi awal ada pada lajur B dan G b1. g1 untuk putih dan b8 dan g8 kuda melangkah ke petak terdekat tetapi bukan pada lajur,bais atau diagonal yang sama

Dia tidak terhalang petak lain yang ada di sekitarnya.

DIAGRAM 1

E. Beteng posisi awal ada pada petak lajur A dan H a1, h1 untuh putih dan a8,h8 untuk hitam dan dia boleh melangkah ke petak sepanjang lajur dan baris yang ditempati

Yang tidak bersinggungan dengan buah lain.

DIAGRAM 2

F. Bidak posisi awal ada pada baris setiap lajur 2 dan 7 dan dia boleh

1. melangkah maju ke petak yang kosong dari tempatnya pada sepanjqang lajur

2. pada langkah pertamanya, boleh maju seperti butir 1.atau dia boleh melangkah maju dua petak sepanjang lajur asal saja petak –petak itu kosong

3. tidak boleh ke petak yang bersinggungan yang terletak pada diagonal di depannya pada lajur berdekatan sambil memukul buah itu

DIAGRAM 3

4. bidak menyerang satu petak yang dilintasi oleh bidak awan yang maju dua petak dari petak awal nya,dia boleh memukul bidak lawan itu sebagaimana dia memajukan satu petak , dan pemukulan itu boleh dilakukan sebagai jawaban langsung langkah maju pemukulan itu disebut “en passant”

DIAGRAM 4

5. bila bidak telah mencapai petak terakhir dalam perjalanannya, bidak itu harus segera ditukar ,sebagai mana Mentri, Beteng, Gajah, Kuda, yang sewarna dengan bidak di maksud. Pertukaran tidak terbatas dengan buah catur yang terpukul sebelumnya.

Penukaran ini di sebut promosi dan dia mempunyai kekuatan langsung.

G. Lambang-lambang dalam istilah istilah catur yang di tetapkan oleh PB PERCASI yang di adopsi dari FIDE.

x : Makan buah

e.p : “en passant”

0-0 : Rokade pendek

0-0-0 : Rokade panjang

! : Langkah bagus

!! : langkah sangat bagus

? : langkah buruk

?? : langkah sangat buruk

!? : langkah ragu ragu

1-0 : menang putih

0-1 : menang hitam

½ - ½ : remis




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar