sendi dasar bermain catur bab vii b

A. LIKU-LIKU TAKTIK YANG KHAS.

Adalah penting sekali untuk kita mengenal beberapa liku-liku taktik yang khas, yang justru dengan varian-varian kecil paling sering muncul dlam kelompok pembukaan ini. Berikut ini diberikan tiga jenis liku-liku yang dimaksud.

1. KORBAN SEMU

Setelah langkah-langkah 1. e2 – e4, e7 – e5 2. Kg1 – f3, Kb8 – c6 3. Kb1 – c3, Kg8 – f6 4. Gf1 – c4, Hitam dapat melakukan korban semu dengan 4. ….. Kf6 x e4 (Diagram 36).

DIAGRAM 36

Setelah 5. Kc3 x e4 Hitam memenangkan kembali perwiranya dengan d7 – d5.

Putih mempunyai berbagai penerusan, tapi bagaimanapun dia bermain, Hitam akan selalu dapat mengendalikan keseimbangan materi dan memperoleh bangunan yang lumayan karena pengaruhnya di medan-tengah bertambah besar. (bidak e4 sudah lenyap tetapi bidak e5 masih ada). Beberapa variasinya kita berikan berikut ini:

a. 5. Kc3 x e4 d7 – d5 6. Gc4 x d5 Md8 x d5 7. d2 – d3 Gc8 - g4 dan Hitam mempunyai keuntungan lain berupa dua Gajah. Perhatikanlah baik-baik bahwa dengan langkah terakhir Hitam sebenarnya berdosa terhadap ketentuan Lasker nomer empat. Di sini diijinkan karena faktor-faktor menguntungkan untuk mengusir Gg4 itu tidak terdapat. (formasi tengah d3 – e4!, lihat bab V)

b. 5. Kc3 x e4, d7 – d5 6. Gc4 – d3, d5 x e4 7. Gd3 x e4, Gf8 – d6 8. d2 – d4. Dengan demikian Putih memulihkan keseimbangan di medan-tengah dan memperoleh kesempatan yang sama. Inilah lanjutan terbaik bagi Putih.

Jawaban yang sederhana ialah 8. ….. Kc6 x d4 dan sebagainya.

Yang lebih tajam adalah 8. …. e5 x d4, yang berarti Hitam menerima kelemahan dalam susunan bidaknya, tetapi memperoleh pasangan Gajah: 9. Ge4 x c6+!, b7 x c6 10. Md1 x d4, 0 – 0 11. 0 – 0, c6 – c5 12. Md4 – c3, Gc8 – b7 dan seterusnya. Kemungkian bagi kedua belah pihak adalah sama. Kurang baik jika 9. Kfe x d4, seperti ternyata dari partai Tarrasch-Lasker (1916): 9. …. 0 – 0 10. Gc1 – e3 (Terhadap Kxc6 menyusul juga Mh4!) 10. ….. Md8 – h4 11. Ge4 x c6, b7 x c6, dan kedudukan Hitam baik sekali karena kedua Gajahnya memperoleh aktivitas yang besar.

c. 5. Kc3 x e4, d7 – d5 6. Gc4 – b5, d5 x e4 7. Kf3 x e5, Md8 – d5 8. Gb5 x c6+ (8. Kxc6, Mxb5!) 8. ….. b7 x c6 9. d2 – d4, Gc8 – a6, dan Putih menemui kesulitan-kesulitan sebab untuk sementara dia tidak bisa rokade.

Kita lihat di sini pengecualian terhadap ketentuan kelima dari Bab V: Hitam mengerahkan Menterinya terlalu pagi ke medan pertempuran, tetapi menguntungkan dalam keadaan sekarang, karena serangan serentak terhadap Gb5 dan Ke5 memaksa Putih menerima kelanjutan yang kurang menguntungkan. Sebetulnya 7. ….. Md8 – g5 (pengganti Md5) mungkin lebih kuat, tetapi akibat-akibat dari Md5 tidaklah terlalu ruwet.

d. 5. Gc4 x f7+ (walaupun nampaknya paling menarik, tetapi justru inilah yang paling buruk) 5. ….. Re8 x f7 6. Kc3 x e4, d7 – d5 7. Ke4 – g5+, Rf7 – g8 8. d2 – d4, h7 – h6 9. Kg5 – h3, dan kedudukan Hitam baik sekali mengingat pasangan Gajahnya serta kelebihannya di medan-tengah maupun kedudukan Kh3 yang menyedihkan. Kehilangan hak rokade tidak menimbulkan kerugian apa-apa, terlebih lagi karena Putih sendiri sulit melakukan 0 – 0.

Beberapa varian dari korban semu:

1. e2 – e4, e7 – e5 2. Kg1 – f3, Kb8 – c6 3. Kb1 – c3, Gf8 – c5? 4. Kf3 x e5! Dan Putih memperoleh permainan baik.

1. e2 – e4, e7 – e5 2. Kg1 – f3, Kb8 – c6 3.Gf1 – b5, a7 – a6 4. Gb5 – a4, Kg8 – f6 5. 0 – 0, Gf8 – c5 6. Kf3 x e5! Dengan permainan baik bagi Putih.

1. e2 – e4, e7 – e5 2. Kb1 – c3, Kg8 – f6 3. Gf1 – c4, Kf6 x e4! Dengan permainan lumayan buat Hitam.

Dari uraian di atas dapat kita lihat bahwa korban semu kebanyakan menguntungkan bila dilakukan oleh Putih. Jika Hitam yang melakukannya, maka kemungkinan bagi kedua belah pihak kira-kira sama.

2. KORBAN GAJAH PADA f7

Setelah langkah-langkah 1. e2 – e4, e7 – e5 2. Gf1 – c4, Gf8 – c5 3. c2 – c3, d7 – d6 4. d2 – d4, e5 x d4 5. c3 x d4, Gc5 – b4+ 6. Kb1 – c3, Kb8 – d7 Putih dapat merebut satu bidak melalui korban Gajah pada f7: 7. Gc4 x f7+, Re8 x f7 8. Md1 – b3+ dan 9. Mb3 x b4. Kombinasi ini bagaimanapun adalah menguntungkan karena bukan saja Putih menang satu bidak, lebih dari itu dia memperoleh bangunan yang lebih baik.

Ada beberapa pertanyaan yang harus kita jawab sebelum melakukan korban dalam keadaan semacam ini: apakah betul kombinasi itu menghasilkan kemenangan bidak? Apakah juga menuju pada kedudukan yang lebih baik? Apakah perkembangan buah lawan lebih dipercepat? Apakah hanya berakibat pertukaran yang menguntungkan?

Diagram 37 memperlihatkan suatu keadaan yang merugikan bagi kombinasi semacam itu (perhatikan juga kombinasi pada butir 8 Gambit Muzio dan butir 9 Gambit Norwegia).

DIAGRAM 37

Teori menganjurkan langkah 7. Gf4 atau 7. c3 di sini. Dalam kedua pilihan ini Putih memenangkan kembali bidak yang dikorbankannya serta mendapat permainan yang baik. Tidaklah menguntungkan untuk melakukan korban Gajah pada f7.

Kita lihat sekarang.

  1. Gc4 x f7+ Re8 x f7
  2. Kf3 – g5+ Rf7 – g8
  3. Md1 x g4 d7 – d5
  4. Mg4 – g3

Dengan langkah yang lainpun kedudukan Putih tetap buruk, umpamanya 10. Ke6, Me7, dan Hitam menang satu perwira. Atau 10. e6, Mf6 dan bidak e6 akan hilang. Atau 10. Me2, Me7 11. Be1, h6 12. Kf3, Gg4, dan Hitam lebih unggul

  1. ….. h7 – h6
  2. Kg5 – f3 Gc8 – f5
  3. c2 – c3 d4 – d3

dengan permainan baik buat Hitam.

Kombinasi ini telah merugikan Putih untuk beberapa tempo dan selain itu memberikan pasangan Gajah kepada Hitam. Ini membuktikan bahwa cara yang ditempuh Putih untuk mendapatkan kembali bidaknya adalah kurang tepat.

Sebagai pelengkap contoh ini akan kami tunjukkan hubungan taktis antara ikatan Gajah di g4 dan korban di f7, umpamanya: 1. e4, e5 2. f4, Gc5 3. Kf3, d6 4. Gc4, Gg4? 5. fxe5, dxe5 6. Gxf7+, Rxf7? 7. Kxe5+ dan Putih menangf dua bidak. Harap diperhatian perbedaan penting antara contoh ini dengan yang sebelumnya: dalam kasus pertama Putih merebut kembali Kudanya dengan Mxg4, lalu Menteri itu diserang oleh Gc8: dalam kasus terakhir justru Gajah yang berbahaya ini (di g4) yang dimusnahkan oleh Putih, itupun dapat dilakukannya dengan dua pilihan: Mxg4 atau Kxg4.

3. SYAH DENGAN MENTERI DI h5 (ATAU h4)

Dalam contoh yang paling drastic, arti dari syah ini akan terlihat berupa mat badut: 1. f3?, e6 2. g4??, Mh4 mat. Ini sekaligus merupakan pelaksanaan mat yang paling pendek. Karena diperlukan dua langkah yang salah dari pihak lawan, maka bagi Putih mat semacam itu baru dapat terjadi satu langkah lebih lama: 1. e4, f6? 2. d4, g5?? 3. Mh5 mat.

Syah dengan Menteri di h5 (h4) dalam kebanyakan hal sangat berbahaya sekali, walaupun tidak langsung berakibat mat seperti contoh di atas. Jiwanya terletak seringkali pada serangan serentak pada bidak e5 (e4) yang tidak terjaga sedangkan Raja lawan tidak mempunyai petak lari f8 (f1) atau d8 (d1). Demikian kuatnya syah ini, sehingga pengorbanan sebuah perwira sering dapat dibenarkan untuk dapat memaksakannya.

Contoh yang paling primitif dari kombinasi semacam itu kita temukan dalam apa yang dinamakan Pembelaan Damiano: 1. e2 – e4, e7 – e5 2. Kg1 – f3, f7 – f6? 3. Kf3 x e5!, f6 x e5 4. Md1 – h5+, Re8 – e7 (atau 4. ….. g6 5. Mxe5+ lalu 6. Mxh8 dan Putih menang kualitas) 5. Mh5 x e5+, Re7 – f7 6. Gf1 – c4+, d7 – d5 7. Gc4 x d5+, Rf7 – g6 8. h2 – h4, h7 – h6 9. Gd5 x b7, dengan serangan yang mematikan (bila 9. ….. Gxb7? Maka 10. Mf5 mat).

Sementara itu dalam varian ini Hitam sebenarnya dapat bertahan lebih baik dengan 3. ….. Md8 – e7 (menolak korban Putih). Dalam hal ini 4. Mh5+?? merupakan kesalahan yang menentukan karena 4. ….. g6 5. Kxg6, Mxe4+ dan kemudian memakan Kg6. Lanjutan yang besar Putih ialah 4. Ke5 – f3, Me7 x e4+ 5. Gf1 – e2 lalu 0 – 0 dan Bg1 – e1. Kedudukan Hitam kurang menguntungkan sebab Menterinya dikerahkan terlalu pagi ke medanjuang. (lihat Bab V, ketentuan no. 5).

Maksud lain yang sering muncul dalam syah pakai Menteri ialah dalam menjawab g6 (g3) dengan korban (baru) di g6 (g3) itu. Tetapi waspadalah terhadap langkah sisipan dari pihak lawan yang bisa menyulitkan kita.

Di atas tadi kita lihat Hitam melalui 5. ….. Mxe4+ memenangkan satu perwira. Sering pula terjadi langkah sisipan itu berupa Kf6 (Kf3). Umpamanya dalam Partai Wina: 1. e2 – e4, e7 – e5 2. Kb1 – c3, Kg8 – f6 3. f2 – f4, d7 – d5 4. f4 x e5, Kf6 x e4 5. d2 – d3 (diagram 38).

DIAGRAM 38

Nampaknya yang paling menarik sekarang adalah 5. ….. Md8 – h4+ 6. g2 – g3, Ke4 x g3, tetapi setelah langkah sisipan Putih 7. Kg1 – f3!, Mh4 –h5 8. Kc3 x d5 Hitam akan berada dalam kesulitan.

Berikut ini akan kita lihat beberapa contoh penggunaan syah dengan Menteri seperti dimaksud tadi, berlandaskan bermacam-macam maksud dengan berbagai akibatnya:

Dari Gambit Raja yang ditolak: 1. e4, e5 2. f4, Gc5 3. fxe5??, Mh4+ dan menang (semacam ‘Damiano terbalik’).

Dari Gambit Allgaier (suatu varian dari Gambit Raja yang diterima): 1. e4, e5 2. f4, exf4 3. Kf3, g5 4. h4, g4 5. Kg5, f6? (yang benar adalah 5. ….. h6) 6. Mxg4!, fxg5 (bila 6. ….. h5 menyusul 7. Mf5) 7. Mh5+, Re7 8. Mxg5+, Re8 9. Mh5+ (lebih kuat dari Me5+) 9. ….. Re7 10. Me5+, Rf7 11. Gc4+, d5 12. Gxd5+, Rg6 13. h5+, Rh6 14. Mf4+, Mg5 15. Mxf8+, Mg7 16. d3 mat.

Dari Partai Sepanyol (1. e4, e5 2. Kf3, Kc6 3. Gb5):

a. 3. ….. f5 4. Kc3, fxe4 5. Kxe4, Kf6 6. Kxf6+, gxf6 (jika 6. ….. Mxf6 maka 7. Me2 yang segera membinasakan bidak e5) 7. d4, e4 8. Kg5!, dan ancaman rangkap berupa 9. Mh5+ maupun 9. Kxe4 menghadapkan Hitam pada kesulitan-kesulitan yang pasti. Jika 8. ….. fxg5?? Putih menang melalui 9. Mh5+, Re7 10. Gxg5+.

b. 3. ….. a6 4. Ga4, Kf6 5. 0 – 0, Kxe4 6. d4, d5? (seharusnya 6. ….. b5 dan 7. ….. d5) 7. Kxe5, Gd7 8. Kxf7!, Rxf7 9. Mh5+ dengan serangan yang memenangkan. Terhadap 9. ….. g6, 9. ….. Re7 atau 9. ….. Rg8 datanglah 10. Mxd5 (+), bila 9. ….. Rf6 menyusul 10. f3 dan jika 9. ….. Re6 terdapat berbagai cara untuk melumpuhkannya, umpamanyua dengan 10. Be1, mengancam 11. Bxe4+ berikut 12. Gb32+.

c. 3. ….. a6 4. Gxc6, dxc6 5. Kc3, f6! 6. Kxe5?, fxe5 7. Mh5+, Rd7, dan Putih tidak mempunyai imbalan yang cukup bagi perwira yang dikorbankannya.

Kita sudahi dengan deretan contoh-contoh ini dan ingin mengingatkan lagi, bahwa berbagai liku-liku taktis dan kombinasi berdasarkan Mh5+ (Mh4+) bisa juga muncul dalam pembukaan-pembukaan dari kelompok lainnya. Dengan memperhatikan isyarat-isyarat posisional dan kombinasi yang terdapat dalam Bab ini, diharapkan pemain Putih akan sedikit sekali menemui kesulitan dalam Permainan terbuka. Dengan mengembangkan para perwiranya secara ekonomis, dia akan mampu menciptakan basis yang layak untuk kelanjutan yang rapi di permainan tengah.

Agak lain halnya dengan pemain Hitam yang hanya dipersenjatai dengan ketentuan-ketentuan Lasker serta tidak menguasai sejumlah varian, bisa tergelincir pada pembukaan e4 – e5 yang licin. Seringkali diperlukan daya kombinasi yang tinggi yang sukar untuk dipenuhi pada tingkat permulaan.

Karena itu orang mencari upaya agar terhindar dari bahaya-bahaya besar yang terdapat dalam pembukaan e4 – e5.

Salah satu dari upaya itu ialah untuk secepatnya beralih pada d7 – d6, yang menyebabkan bangunan Hitam bersifat agak tertutup, tetapi aman dari sergapan mendadak.

Langkah d7 – d6 sebenarnya berarti pengorbanan penting bagi kelincahan bergerak, mengingat Gf8 tertahan di dalam rangkaian bidaknya.

Ditinjau dari segi ini, Permainan Terbuka tidak seratus persen memuaskan pihak Hitam dan karena itulah banyak pemain yang lebih suka menjawab langkah 1. e2 – e4 tidak dengan 1. ….. e7 – e5.

Masalah inilah yang menjadi pokok pembahasan kita dalam bab berikut.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar