sendi dasar bermain catur xi

BAB XI

PERMAINAN SAYAP

(bukan 1. e2 – e4 atau d2 – d4)

Dalam hubungan dengan medan-tengah, di sini Putih menggunakan strategi yang sama seperti Hitam dalam permainan setengah terbuka atau setengah tertutup. Dalam banyak peristiwa, pendudukan medan-tengah tidak dilakukan secara terburu-buru dan Putih berusaha mendapatkan pengaruh yang cukup di medan-tengah itu melalui kegiatan-kegiatannya di sayap. Dari sinilah berasalnya nama bangunan: Permainan Sayap.

Kebanyakan Permainan Sayap pada hakekatnya adalah varian dari Hindia terbalik. Kita membaginya dalam:

1. Sisilia terbalik: 1. c2 – c4, e7 – e5

2. Pembukaan Inggris: 1. c2 – c4, bukan e7 – e5

3. Gambit-sayap (juga kita sebut Sistem-Reti): 1. Kg1 – f3, d7 – d5 2. c2 – c4

a. Gambit-sayap diterima: 2. ….. d5 x c4

b. Sayap-ortodoks: 2. ….. e7 – e6

c. Sayap-Slavia: 2. ….. c7 – c6

d. Sayap-Benoni: 2. ….. d5 – d4

4. Permainan sayap Hindia-Raja: 1. Kg1 – f3 dan 2. g2 – g3 (sementara tanpa c2 – c4)

5. Permainan sayap Hindia-Menteri: 1. Kg1 – f3 dan 2. b2 – b3

6. Pembukaan Reti: 1. Kg1 – f3, Kg8 – f6 2. c2 – c4

7. Pembukaan Bird: 1. f4, d5 atau Kf6

8. Gambit Form: 1. f4, e5

Sangatlah menarik perhatian bahwa Permainan Sayap akhir-akhir ini semakin banyak digemari, sehingga bukanlah tidak mungkin suatu ketika kelompok pembukaan ini akan mendesak kelompok-kelompok lainnya.

1. SISILIA TERBALIK (1. c2 – c4, d7 – e5)

Ini sebenarnya adalah permainan setengah terbuka. Tentang ini bandingkan dengan Bab VI dan VIII).

Guna mendapatkan keunggulan jangka panjang di medan-tengah, pertama Putih bekerja dengan 1. c4 untuk mencegah pembentukan medan-tengah yang kuat oleh Hitam. Bila Hitam memainkan d5, maka setelah cxd5 Putih memperoleh lajur –c yang setengah terbuka sedangkan Hitam lajur –d. Putih harus mencari kesempatan di sayap-menteri dan Hitam di sayap-raja. Karena itu situasinya menjadi sama seperti Pembelaan Sisilia.

2. Kb1 – c3, Kg8 – f6

Yang terbaik. Hitam harus konsekuen terhadap d5.

3. g2 – g3

Percabangannya yang penting ialah apa yang dinamakan Permainan empat Kuda Inggris: 3. Kf3, Kc6 4. d4, exd4 (jika 4. ….. e4 menyusul 5. Kd2. Yang diragukan nilainya ialah: 5. Kg5, h6! 6. Kgxe4, Kxe4 7. Kxe4, Mh4! Umpamanya 8. Md3?, d5 9. cxd5, Kb4 10. Mb1, Gf5 11. Kd6+, cxd6 12. Mxf5, g6 13. Mb1, Bc8 dan Hitam menang). 5. Kxd4, Gb4. Putih sekarang mempunyai keunggulan di medan-tengah, tetapi sulit baginya untuk menghindarkan bertumpuknya bidak –c yang merepotkan. Setelah umpamanya 6. Gg5, h6 7. Gh4, Gxc3+ 8. bxc3, Ke5 9. e3, Kg6 10. Gg3, Ke4 kesempatan bagi kedua belah pihak kira-kira sama.

3. ….. d7 – d5 4. c4 x d5, Kf6 x d5 5. Gf1 – g2, Kd5 – b6

Setelah 5. ….. Ge6 Putih mendapat keuntungan dengan 6. Kf3, Kc6 7. d4.

6. Kg1 – f3, Kb8 – c6 7. 0 – 0, Gf8 – e7 8. d2 – d3, 0 – 0 dengan kemungkinan yang kira-kira seimbang

Inilah varian Naga dari Pembelaan Sisilia, tetapi dengan warna yang terbalik.

2. PEMBUKAAN INGGRIS (1. c2 – c4, bukan e7 – e5)

‘Inggris’ adalah nama yang paling tua untuk Pembukaan 1. c4, sedangkan Sisilia terbalik hanya merupakan pecahannya, walaupun yang terpenting.

Kemungkinan laingnya adalah: 1. ….. e7 – e6 atau c7 – c6 2. d2 – d4, d7 – d5 dengan peralihan ke Gambit-menteri Slavia atau Ortodoks. Bila Putih memainkan 2. e2 – e4 pengganti d2 – d4, maka kita akan berada di dalam garis-garis Pembelaan Caro-Kann atau Perancis.

1. ….. Kg8 – f6 2. Kg1 – f3 menuju ke Pembukaan Reti seperti juga halnya dengan 1. ….. c7 – c5 2. Kg1 – f3, Kg8 – f6.

Varian-varian yang sifatnya berdiri sendiri hanyalah yang dimulai dengan: 1. c2 – c4, Kg8 – f6 2. Kb1 – c3, e7 – e6, umpamanya:

Inggris Franco

3. e2 – e4, d7 – d5 4. e4 – e5, d5 – d4 5. e5 x f6, d4 x c3 6. b2 x c3, Md8 x f6 7. d2 – d4, b7 – b6 dengan kedudukan kira-kira seimbang.

Inggris-Sizi

3. e2 – e4, c7 – c5 4. Kg1 – f3 (4. e5, Kg8! 5. f4, Kc6 6. Kf3, d6 Hitam mendapat permainan yang sangat memuaskan. Bidak-bidak tengah yang dimajukan terlalu cepat di sini berarti melemahkan bangunan sendiri).

4. ….. Kb8 – c6 5. d2 – d4, c5 x d4 6. Kf3 x d4, Gf8 – b4 7. Kd4 x c6, d7 x c6 8. Md1 x d8+, Re8 x d8 dengan kesempatan sama.

Inggris-Zürich

3. Kg1 – f3, c7 – c5 4. g2 – g3, b7 – b6 5. Gf1 – g2, Gc8 – b7 6. 0 – 0, Gf8 – e7 7. d2 – d4, c5 x d4 8. Kf3 x d4, atau 8. Md1 x d4 dengan sedikit inisiatif buat Putih.

3. GAMBIT SAYAP (1. Kg1 – f3, d7 – d5 2. c2 – c4)

Dalam masa-masa jayanya, Richard Reti lebih suka memainkan 1. Kg1 – f3 dan sebab itulah Gambit Sayap ini disebut juga Sistem Reti. Karena alasan-alasan sistematis, kami memilih penamaan di atas sedangkan nama Pembukaan Reti tetap disediakan untuk maksud 1. Kg1 – f3, Kg8 – f6 2. c2 – c4 (lihat 6).

3.a. Gambit-sayap diterima: 2. ….. d5 x c4

Mengalah di medan-tengah sebetulnya bertolak belakang dengan prinsip, tetapi dalam hal ini tidaklah terlalu buruk karena waktu yang diperlukan Putih untuk merebut kembali bidak itu, dapat dipergunakan Hitam untuk menyelaraskan keseimbangan di medan-tengah. Umpamanya 3. e3, c5 4. Gxc4, Kf6 5. 0 – 0, a6 6. d4, e6 = Gambit-menteri diterima, lihat Bab IX, 2.

3.Ka3, c5! 4. Kxc4, Kc6 5. b3, f6 6. Gb2, e5 kedudukan Hitam di medan-tengah kuat sekali.

3.b. Sayap-ortodoks: 2. ….. e7 – e6

Dengan 3. d4 Putih sekarang bisa beralih ke Gambit-menteri, tetapi Putih sudah merencanakan dari semula untuk mem-fianseto salah satu dari Gajahnya:

3. g2 – g3, Kg8 – f6

4. Gf1 – g2, Gf8 – e7

Pembukaan d5 x c4 bila dilakukan pada langkah ini atau pada langkah sebelumnya, akan menimbulkan masalah-masalah yang ada hubungannya dengan pembukaan Katalan (Bab X, 4) atau Gambit-sayap diterima (3a).

5. b2 – b3, 0 – 0 6. Gc1 – b2

DIAGRAM 60

Keadaan setelah 6. Gc1 – b2

Sebuah bangunan yang khas dalam permainan sayap: kedua Gajah di-fianseto sementara bidak-bidak tengah Putih tetap di petak asalnya.

Hitam sebaiknya melanjutkan dengan 6. ….. c5, mengancam 7. ….. d4. Setelah 7. cxd5 menyusullah 7. ….. Kxd5! 8. Kc3, Gf6 dengan keadaan hampir seimbang. Tetapi jangan 7. ….. exd5? karena 8. d4! dan terjadilah semacam varian Rubinstein dalam Gambit-menteri dengan keuntungan untuk Putih (bandingkan dengan Bab IX, 5. Pembelaan Tarrasch)

3.c. Sayap-Slavia: 2. ….. c7 – c6

Keuntungan langkah ini ialah bahwa Hitam memperkuat medan-tengahnya tanpa menutup jalan keluar untuk Gc8-nya.

Selanjutnya ialah 3. b2 – b3 (3. d4 akan menuju ke Gambit-menteri Slavia, Bab IX, 4; dan jika 3. g3 Hitam dapat memukul c4 tanpa hukuman apa-apa) 3. ….. Kg8 – f6 4. g2 – g3, Gc8 – f5 5. Gf1 – g2, e7 – e6 6. Gc1 – b2, Kb8 – d7 7. 0 – 0.

DIAGRAM 61

Juga bangunan ini adalah khas untukpermainan-sayap, tetapi berlawanan dengan diagram sebelumnya, di sini Hitam sudah menenpatkan Gajah-menterinya di luar kerangka bidak. Kerugian-kerugian yang ada kaitannya dengan ini dan yang disebutkan satu per satu dalam Bab IX, 4, di sini tidak sesuai dengan susunannya karena Putih tidak bisa mengambil keuntungan sepanjang jalur diagonal b5 – e8, dan akhirnya juga tidak bisa mendesak Gf5.

Namun bangunan ini tidaklah begitu sederhana buat Hitam, seperti ternyata dari umpamanya 7. ….. Gd6 8. d3, h6? (untuk membuka jalan mundur bagi Gf5) 9. e4!, dxe4? (9. ….. Gg4 masih lebih baik; untuk itu menyusul 10. Me1) 10. dxe4, Kxe4 (10. ….. Gxe4? 11. Mxd6) 11. Gxg7, dengan keuntungan besar buat Putih.

Dari kelanjutan ini terlihat bahwa kedudukan Gajah Hitam di d6 tidaklah begitu aman. Karena itu perwira ini lebih baik ditempatkan di e7 atau c5. Setelah umpamanya 7. ….. Ge7 8. d3, h6 9. Kbd2, 0 – 0 Hitam mendapat kedudukan yang mantap luar biasa. Kemudian lagi setelah e2 – e4, d5 x e4, d3 x e4, Kuda Hitam akan beraksi melalui c5.

3.d. Sayap-Benoni: 2. ….. d5 – d4

Dengan melewati garis tengah seperti ini, bagi Putih menjadi lebih mudah untuk menekan medan-tengah Hitam. Sebenarnya Hitam memainkan Benoni Terbalik dan dalam pembahasan kita mengenai Benoni (Bab X, 8) sudah kita tetapkan bahwa dalam hal-hal tertentu Hitam bisa memberikan perlawanan yang layak. Ini berarti, dengan warna yang sekarang terbalik, majunya bidak –d Hitam itu bukan tanpa resiko.

Lanjutannya ialah:

3. e2 – e3

Langkah yang mengikuti prinsip modern tentang medan-tengah ialah 3. b4, untuk akhirnya memencilkan bidak d4 dan membuatnya mudah diserang. Suatu pemikiran yang arif, tetapi mempunyai keberatan-keberatan taktis ialah: 3. ….. f6 4. e3, e5 5. exd4, e4! 6. Me2, Me7 7. Kg1, Kg6! dan Hitam mendapat keuntungan. Varian yang terakhir ini juga mengandung contoh yang bagus tentang tema yang sudah kita bahas pada Bab VII B yaitu ‘Syah Menteri di h5’: 5. Kxe5 sebagai pengganti exd4 sangat menarik, tetapi belumlah cukup karena setelah 5. ….. fxe5 6. Mh5+, Re7 7. Mxe5+, Ge6 Putih tidak mempunyai perwira yang dapat dipergunakannya untuk melanjutkan serangan. Lain dari itu, hal ini membuktikan sifat yang serba umum dari pembukaan-pembukaan dalam kelompok ini.

3. ….. Kb8 – c6

Agak disangsikan ialah 3. ….. c5 karena 4. exd4, cxd4 5. b4! (sekarang langkah ini kuat sekali) 5. ….. f6 6. Gb2, e5 7. c5! dengan keunggulan pada pihak Putih (7. Kxe5? juga salah: 7. ….. Me7 atau 7. ….. fxe5 8. Mh5+, g6 9. Mxe5+, Me7 10. Gxd4, Kf6 dengan keuntungan untuk Hitam).

4. e3 x d4, Kc6 x d4 5. Kf3 x d4, Md8 x d4 6. Kb1 – c3 dengan tujuan 7. d3 berikut 8. Ge3 dan 9. d4. Hitam masih bisa bertahan dengan 6. ….. e7 – e5 7. d2 – d3, c7 – c6! 8. Gc1 – e3, Md4 – d6, sesudah mana 9. d4 menuju keseimbangan. Jika 9. Ge2, Hitam masih memiliki langkah kuat 9. ….. Kh6 berikut 10. ….. Kf5.

4. PERMAINAN SAYAP HINDIA-RAJA (1. Kg1 – f3 dan 2. g2 – g3)

Sebuah pembukaan yang mempunyai masa depan gemilang, mengingat kepopulerannya dewasa ini yang dimainkan oleh pemain-pemain terkuat di dunia. Hitam dapat menyambutnya dengan berbagai cara dan sampai sekarang belum ada yang merintis untuk membahas sistem permainan ini secara agak lengkap.

Kita batasi pembahasan kita terhadap dua macam varian yang khas.

1. Kg1 – f3, d7 – d5 2. g2 – g3, Kg8 – f6 3. Gf1 – g2, Gc8 – f5 4. d2 – d3, e7 – e6.

Hitam mengikuti sistem yang sama seperti dalam Sayap-Salvia (3c), tetapi perbedaannya ialah, Putih tidak menjalankan c2 – c4 dan hal ini sungguh-sungguh mengakibatkan suatu kelainan.

5. Kb1 – d2 h7 –h6

Untuk membebaskan Gf5 dari ancaman pertukaran.

6. 0 – 0 Kb8 – d7

7. Md1 – e1

DIAGRAM 62

Sekarang akan segera menyusul 8. e2 – e4 dengan permainan yang baik sekali bagi Putih. Karena bidak-c Putih masih tetap berada di c2, maka Putih dapat memajukan e2 –e4 tanpa petak d3 menjadi lemah ( periksa varian yang berkenaan dengan ini dalam Sayap-Salvia).

1. Kg1 – f3 Kg8 – f6

2. g2 – g3 g7 – g6

3. Gf1 – g2 Gf8 – g7

4. 0 – 0 0 – 0

5. d2 – d3 d7 – d5

Tentu saja Hitam bebas mempertahankan simetri semacam ini, tetapi dalam hal demikian Putih memperoleh keuntungan kecil.

6. Kb1 – d2 c7 – c5

7. e2 – e4

Dan sesudah 7. ….. e6 atau sesudah 7. …. Kc6 maupun sesudah 7. ….. dxe4 Putih memegang inisiatif yang layak.

Dari permainan di atas dapat kita kenali suatu varian yang penting dalam Hindia-Raja dengan warna yang terbalik.

5. PERMAINAN SAYAP HINDIA-MENTERI (1. Kg1 – f3 dan 2. b2 – b3)

Putih berjuang untuk menjadi penguasa tunggal sepanjang diagonal b2 - g7, sementara diagonal ini sendiri tidak dihalang-halangi oleh bidak.

Pembukaan yang sangat kurang berarti dibanding dengan Permainan sayap Hindia–Raja, sebab untuk mencapai bangunan yang diinginkan, diperlukan banyak sekali bantuan dan kesudian dari pihak Hitam. Apa yang kemudian terjadi, ialah tak lain dari semacam Belanda-terbalik. Umpamanya 1. Kf3, d5 2. b3, c5 3. e3, Kf6 4. Gb2, Kc6 5. Gb5, Gd7 6. 0 – 0, e6 7. Gxc6, Gxc6 8. Ke5, Bc8 9. f4, dan tercapailah susunan Belanda yang dimaksud. Apa yang dalam pembelaan Belanda buruk bagi Hitam (fianseto Gajah-menteri), justru dalam Belanda terbalik ini sangat baik bagi Putih. Putih melanjutkan dengan langkah d3 dan Kd2 dan setelah Hitam sulit menghindar dari rokade pendek, Putih mendapat kesempatan baik untuk melancarkan serangan terhadap Raja lawannya.

Tetapi jika Hitam mem-fianseto Gf8-nya dan tidak membiarkan pertukaran antara Gf1 dengan Kc6 (dengan demikian mencegah petak e5 menjadi lemah), maka lenyaplah segala keelokan bagi Putih. Kita akan memperoleh:

1. Kg1 – f3, d7 – d5 2. b2 – b3, Kg8 – f6 3. e2 – e3, g7 – g6 4. Gc1 – b2, Gf8 – g7 5. Gf1 – e2, 0 – 0 dengan permaianan seimbang. Sebenarnnya, yang sekarang terjadi ialah Hindia-Menteri terbalik; perhatikan setelah 6. 0 – 0, c7 – c5 dan sebagainya.

6. PEMBUKAAN RETI (1. Kg1 – f3, Kg8 – f6 2. c2 – c4)

Seperti yang selalu terjadi bangunan-bangunan modern, Hitam sekarang mempunyai pilihan yang luas, antaranya: 2. ….. c5, 2. ….. e6, 2. ..… b6, 2. ….. g6 dan 2. ….. d6, tanpa perlu dijelaskan lagi bahwa kedudukan Hitam luar biasa bagusnya dan enak. Sebaliknya pula, dalam segala keadaan Hitam harus bermain teliti agar tidak terjerumus ke dalam posisi yang merugikan dan di samping itu selalu waspada terhadap usaha Putih untuk beralih ke salah satu varian yang menguntungkan dari pembukaan-pembukaan yang sudah kita bahas melalui pertukaran langkah-langkah.

Pembukaan Reti baru mempunyai arti tersendiri, apabila kedua belah pihak memutuskan untuk melakukan fianseto dan terjadilah semacam tarik-tarikan jangka panjang. Umpamanya:

2. ….. e6 3. g3, b6 4. Gg2, Gb7 5. 0 – 0 Ge7 6. Kc3, 0 – 0 7. d3, d5 atau

2. ….. g6 3. b3, Gg7 4. Gb2, 0 – 0 5. g3, d6 6. Gg2, Kc6 7. 0 – 0, e5 8. d3, Gd7 9. Kc3.

Dalam kedua contoh di atas terjadilah permainan yang sulit dan hanya sedikit sekali harapan baik bagi pemain Putih.

Perlu diingatkan lagi, bahwa sesudah 1. Kg1 – f3, Hitam mempunyai bermacam-macam jawaban yang baik.

Sering pula melalui 1. Kf3 itu terjadi pembukaan-pembukaan lain yang terkenal. Begitulah sesudah 1. ….. c7 – c5 2. e2 – e4 terjadi Pembelaan Sisilia dan setelah

1. ….. f7 – f5 2. d2 – d4 Pembelaan Belanda. Setelah 1. ….. Kg8 – f6 bisa muncul berbagai varian dari Hindia, yang perbedaannya jika ada ialah Putih tidak menjalankan d2 – d4. Malahan langkah 1. ….. b7 – b6 atau 1. ….. g7 – g6 yang dinilai kurang baik terhadap 1. e4 atau 1. d4, dapat digunakan sebagai jawaban atas 1. Kg1 – f3 tanpa keberatan apa-apa karena Putih tidak bisa segera membentuk medan-tengahnya dengan dua bidak (d4 – e4).

7. PEMBUKAAN BIRD (1. f2 – f4)

Pembukaan ini kurang mempunyai arti. Jawaban yang paling wajar ialah 1. ….. d7 – d5 dan terjadilah Belanda terbalik. Mengenai ini harap dilihat ‘Permainan-sayap Hindia-menteri’.

8. GAMBIT FROM (1. f2 – f4, e7 – e5)

Sejenis Gambit Staunton terbalik; lihat Bab X, 7 dalam ‘Pembelaan Belanda’. Setelah 2. f4 x e5, d7 – d6 3. e5 x d6, Gf8 x d6, sayap-raja Putih memang terancam bahaya, tetapi dapat ditangkis dengan 4. Kg1 – f3 . Umpamannya 4. …. Kf6 5. d4, Kg4 6. Md3! Atau 4. ….. G5 5. d4, g4 6. Ke5, kedua-duanya menguntungkan Putih.

Pembukaan-pembukaan lain dari kelompok ini tidaklah penting dan tidak lazim.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar