sendi dasar bermain catur x

6. HINDIA-FRANCO (1. d2 – d4, e7 – e6)

tidaklah mempunyai arti yang praktis dan hanya merupakan jembatan peralihan ke berbagai pembukaan lain, umpamanya Perancis, Gambit-menteri, Hindia-Menteri , Hindia-Nimzo dan Belanda.

Perkecualian yang jarang terjadi yang menyebabkan pembukaan ini seperti berdiri sendiri, umpamanya 2. c4, Gb4+ 3. Kc3, c5, tidak perlu kia bahas lebih mendalam

7. PEMBELAAN BELANDA (1. d2 – d4, f7 – f5)

2. c2 – c4

Langkah-langkah seperti 2. Kf3 dan 2. g3 biasanya terjadi sekedar perbedaan urutan saja.

2. e4, yang dinamakan Gambit-Staunton memberikan kesempatan menyerang bagi Putih, tetapi Hitam tidak perlu takut. Setelah 2. ….. fxe4 3. Kc3, Kf6 4. Gg5, g6, Putih dapat merebut kembali bidak itu dengan 5. Gxf6, exf6 6. Kxe4, tetapi tidak ada imbalan bagi pasangan Gajahnya yang hilang. Lebih konsekuen ialah 5. f3, exf3 6. Kxf3, tetapi disangsikan apakah setelah 6. ….. d5 keunggulan Putih dalam perkembangan cukup mengimbangi bidak yang dikorbankannya. Juga 5. h4 patut mendapat perhatian, umpamanya 5. ….. Gg7 6. h5, Kxh5? 7. Bxh5, gxh5 8. Mxh5+, Rf8 9. Kd5, Kc6 10. Gc4 dan Putih menang. Sebetulnya lebih baik 5. ….. d5 atau 6. ….. d5, yang memberikan Hitam perlawanan selayaknya.

Akhirnya masih perlu diutarakan bahwa Hitam dengan 4. ….. Kc6! akan lebih mudah mencapai keadaan seimbang: 5. d5, Ke5 6. Md4, Kf7 7. Gxf6, exf6 8. Kxe4, f5! dan seterusnya.

2. ….. Kg8 – f6

3. g2 – g3 e7 – e6

4. Gf1 – g2 Gf8 – e7

5. Kb1 – c3 d7 – d5

Lanjutan lain terdiri dari 5. ….. d6 (Belanda tua) umpamanya 6. Kf3, 0 – 0 7. 0 – 0, Me8 8. Be1 dan kemudian Putih harus berusaha melanjutkan dengan e2 – e4.

6. Kg1 – f3, c7 – c6 7. 0 – 0, 0 – 0, dan kedudukan Putih sedikit lebih baik. Dengan mempersulit formasi medan-tengah Hitam yang kokoh itu merupakan pendahuluan untuk suatu serangan. Pertempuran harus dilangsungkan dalam tempo yang lamban. Putih biasanya mencari kesempatan di sayap-menteri, umpamanya: c5, b4, a4, b5 dan sebagainya; sedangkan Hitam di sayap-raja, seperti Me8, Mh5, Ke4, g5.

8. PEMBELAAN BENONI (1. d2 – d4, c7 – c5 2. d4 – d5)

Setelah 2. ….. e7 – e5 3. e2 – e4, d7 – d6 4. Gf1 – d3, Kg8 – e7 5. Kg1 – e2, g7 – g6 6. 0 – 0 kedudukan Putih sedikit lebih baik karena lebih banyak menguasai ruang. Membuka lajur-lajur memerlukan persiapan yang cermat. Bagi Putih dianjurkan supaya senantiasa menyediakan langkah f2 – f4 terhadap f7 – f5.

Akhir-akhir ini lebih sering dimainkan orang apa yang disebut Benoni modern: 1. d2 – d4, Kg8 – f6 2. c2 – c4, c7 – c5 3. d4 – d5, e7 – e6 4. Kb1 – c3, e6 x d5 5. c4 x d5, d7 – d6 6. Kg1 – f3, g7 – g6 7. g2 – g3, Gf8 – g7 8. Gf1 – g2, 0 – 0 9. 0 – 0, a7 – a6 (lihat diagram 59)

DIAGRAM 59

Sebuah bangunan yang amat menarik. Hitam mempunyai kelebihan di sayap-menteri. Putih mendapat kedudukan baik di medan-tengah. Keunggulan Hitam dianggap lebih berbahaya dan karena itu yang paling baik dilakukan Putih dari diagram di atas ialah 10. a2 – a4 untuk mencegah Hitam di sayap itu.

Harapan kedua belah pihak kira-kira sama.

Dewasa ini Putih tidak lagi melakukan fianseto di sayap-raja dan pada langkah ke-6 atau ke-7 meneruskan dengan e2 – e4. Sebuah contoh: 1. d4, Kf6 2. c4, c5 3. d5, e6 4. Kc3, exd5 5. cxd5, d6 6. e4, g6 7. Gd3, Gg7 8. Kge2, 0 – 0 9. 0 – 0, a6 (lebih baik 9. ….. Ka6 berikut 10. ….. Kc7) 10. a4, Mc7 11. h3, Kbd7 12. f4, Be8 13. Kg3, c4 14. Gc2, Kc5 15. Rh1, dengan kesempatan menyerang yang baik buat Putih.

Jawaban-jawaban lain terhadap 1. d2 – d4 sama sekali tidaklah penting.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar