sendi dasar bermain catur bab ix

BAB IX

PERMAINAN TERTUTUP

(1. d2 – d4, d7 – d5)

Kita batasi pembahasan kita di sini hanya mengenai Gambit-menteri yang terjadi setelah 2. c2 – c4. varian-varian dari Permainan bidak-menteri, yang umpamanya terdiri dari 2. Kf3, 2. Gf4, 2. e3 atau 2. g3, tetapi yang tidak menjalankan c2 – c4 (sekurang-kurangnya dalam beberapa langkah), tidak termasuk dalam pembahasan kita karena tidak ditemui masalah-masalah yang luar biasa.

Hanya sedikit yang akan kita singgung, yaitu Sistem Colle lihat Bab VI). Pembukaan ini dimulai dengan 2. Kg1 – f3, Kg8 – f6 3. e2 – e3; bila Hitam menjalankan 3. ….. e7 – e6, maka menyusul Kbd2, c3, Gd3, 0 – 0 dan e3 – e4, baik didahului atau tidak oleh dxc5, sehingga Putih mendapat kesempatan menyerang. Langkah yang sederhana 3. …. Gc8 – f5 cukup menggagalkan maksud Putih dan memberkan Hitam permainan yang mudah. Lihat contoh terakhir dari Bab III A3.

Dalam Gambit-menteri hampir tidak terdapat serangan tajam dan bangunan yang pelik-pelik pada tahap pembukaan, karena kedua Raja cukup baik terlindung oleh bidaknya masing-masing. Yang amat penting untuk diperhatikan sebenarnya adalah dua buah ciri umum yang berikut:

A. Kelincahan gerak dari Gajah-menteri.

B. Perbandingan bidak-bidak di medan-tengah.

Mengenai yang terakhir ini ada tiga kemungkinan yang dapat kita bedakan:

a. Medan-tengah yang terkunci (yaitu tidak terdapat lajur-tengah yang terbuka);

b. Keunggulan di medan-tengah bagi salah satu pihak;

c. Bidak-tengah yang terpencil.

Contoh dari setiap kemungkinan ini akan kita temui pada waktu membicarakan varian-variannya.

PENGELOMPOKAN GAMBIT-MENTERI (1. d2 – d4, d7 – d5 2. c2 – c4)

1. 2. ….. bukan e7 – e6, c7 - c6, e7 – e5 atau d5 x c4 = Pembelaan yang tidak teratur dari Gambit-menteri.

2. 2. ….. d5 x c4 = Gambit-menteri diterima.

3. 2. ….. e7 – e5 = Gambit-balasan Albin.

4. 2. ….. c7 – c6 = Pembelaan Slavia.

5. 2. ….. e7 – e6 3. Kb1 – c3, c7 – c5 = Pembelaan Tarrasch.

6. 2. ….. e7 – e6 3. Kb1 – c3, Kg8 – f6 4. Gc1 – g5, Kb8 – d7 5. e2 – e3, c7 – c6 6. Kg1 – f3, Md8 – a5 = Varian Cambridge-Springs.

7. 2. ….. e7 – e6 3. Kb1 – c3, Kg8 – f6 4. Gc1 – g5, Gf8 – e7 5. e2 – e3, 0 – 0 6. Kg1 – f34, Kb8 – d7 = Gambit-menteri Ortodoks.

Urutan langkah-langkah dalam Gambit-menteri (yang sering juga terjadi melalui 1. Kf3 atau 1. c4) tidaklah penting.

Pembelaan tidak beraturan.

Kemungkinan variannya ada bermacam-macam, umpamanya: 2. ….. c5, 2. ….. Kf6, 2. ….. Gf5, atau 2. ….. Kc6.

Dari beberapa kemungkinan di atas, hanya 2. ….. Kg8 – f6 yang kita pilih untuk poembahasan lebih lanjut, sebab varian ini menimbulkan kembali masalah medan-tengah yang memerlukan perhatian kita. Langkah-langkah lain yang dilakukan oleh pemain-pemain baru, tidaklah terpuji untuk diikuti.

Keberatan dari 2. ….. Kg8 – f6 sudah kita kupas dalam Bab I: Hitam membiarkan bidak-tengahnya lenyap ditukar oleh bidak-sayap Putih. Setelah 3. c4 x d5, Kf6 x d5 4. e2 – e4 Putih unggul di medan-tengah, dan selanjutnya memperoleh kebebasan bergerak yang luar biasa sehingga pada permainan tengah mempunyai kesempatan baik melancarkan serangan terhadap raja lawannya.

Untuk jelasnya ikutilah partai berikut ini:

1. d2 – d4, d7 – d5 2. c2 – c4, Kg8 – f6 3. c4 x d5, Kf6 x d5 4. Kg1 – f3.

4. e4 juga mungkin, tetapi menduduki medan-tengah terlalu cepat seringkali menimbulkan kesulitan-kesulitan dan karena itu Putih mempersiapkannya dengan menjalankan Kf3 terlebih dahulu.

4. ….. e7 – e6

Kalau Hitam menjalankan Gf5 guna mencegah e4, maka menyusullah 5. Kbd2 yang kuat sekali dengan ancaman 6. e4 menang satu perwira.

5. e2 – e4, Kd5 – b6 6. Kb1 – c3, Gf8 – e7 7. Gf1 – d3, 0 – 0 8. 0 – 0, c7 – c5 9. d4 x c5

Hasil yang dapat kita petik berdasarkan kelebihan di medan-tengah ada bermacam-macam: di sini kita lihat Putih melepaskan kelebihannya dalam kuantitas, tetapi menitikberatkan dalam segi dinamisnya. Bidak-tengah Putih yang masih ada sudah maju lebih jauh daripada Hitam dan segera merupakan faktor yang kuat untuk menunjang serangan terhadap kedudukan Raja Hitam.

9. ….. Ge7 x c5 10. e4 – e5! (lihat diagram 43)

Cara yang paling banyak digunakan dalam memanfaatkan keunggulan dinamis adalah: e4 – e5, disusul dengan serangan terhadap rokade. Dalam bangunan seperti terlihat pada diagram di atas, aksi Putih ditunjang oleh beberapa keadaan yang menguntungkan, antara lain:

1. Tugas dari bidak e5 (lihat Bab IIIB diagram 29, yang menyangkut bidak e4 Hitam).

2. Penguasaan atas petak kuat e4, yang dapat digunakan oleh para perwira Putih (umpamanyua Kc3) sebagai jalan terpendek menuju ke sayap-raja Hitam.

3. Kesempatan, karena sejumlah besar perwira Putih terarah pada atau dapat segera dikerahkan ke petak-petak yang penting di sayap-raja Hitam (perhatikan Gd3, Gc1, Kf3, Kc3 dan Md1).

DIAGRAM 43

Keadaan setelah 10. e4 – e5!

Dalam keadaan ini Putih mengancam menang secara paksa melalui: 11. Gxh7+, Rxh7 12. Kg5+, Rg8 13. Mh5, atau kalau 12. ….. Rg6 13. Mc2+ atau 13. Mg4.

10. ….. Gc5 – e7

Tangkisan terhadap ancaman tadi.

11. Md1 – e2 Kb8 – c6

12. Bf1 – d1 Kb6 – d5

Satu bidak melayang, tetapi langkah lain juga tidak memadai, umpamanya 12. ….. Mc7 13. Kb5, Mb8 14. Kd6, dan Putih unggul (14. ….. Kxe5 15. Mxe5, Gxd6 16. Gxh7+, Rxh7 17. Mh5+, Rg8 18. Kg5 dan seterusnya).

13. Gd3 – e4 Kd5 x c3

14. Ge4 x h7+ Rg8 – h8

Terpaksa! Kalau 14. ….. Rxh7 15. Mc2+ Putih menang Menteri

15. b2 x c3 Md8 – a5

16. Gh7 – c2 Ma5 x c3

Hitam memenangkan kembali bidaknya, tetapi dengan lenyapnya bidak h7 berarti suatu kelemahan yang menentukan bagi bangunan rokadenya. Serangan Putih sukar untuk ditahan. Maka menyusullah 17. Me2 – e4, g7 – g6 18. Kf3 – g5, Mc3 – b4 (untuk mencegah mat dalam dua langkah) 19. Kg5 x f7+, Bf8 x f7 20. Me4 x g6, Bf7 – g7 21. Mg6 – h5+, Rh8 – g8 22. Gc1 – h6, Ge7 – f8 (Benteng yang diserang itu tidak boleh meninggalkan lajur –g karena 23. Mg6+, sedangkan 22. ….. Bg4 akan dijawab oleh 23. h3) 23. Gh6 x g7, Gf8 x g7 24. Bd1 – d3 Hitam menyerah.

Ancaman Bf3 dan Mh7 mat berarti maut. Kalau Kxe5 penyelesaiannya adalah 25. Bd8+.

2. 2. ….. d5 xc4 = Gambit-menteri diterima.

Dalam hubungan dengan medan-tengah, pembukaan ini menimbulkan situasi yang sama seperti partai yang baru kita bahas di atas setelah 2. ….. Kf6 3. cxd5, bidak –d Hitam ditukar dengan bidak –c Putih. Kita katakana ditukar, sebab bagaimanapun bidak Hitam di c4 itu akan dapat direbut kembali oleh Putih. Kemudian Putih akan mempunyai dua bidak di tengah terhadap satu kepunyaan Hitam. Sesungguhnya hal itu belumlah berarti suatu keuntungan besar. Kedua bidak-tengah Putih itu tidak bisa dimajukan dengan kemenangan tempo seperti partai yang terdahulu, sedangkan Hitam di sini lebih mudah dan lebih cepat dapat menjalankan c7 – c5 yang memulihkan perimbangan kuantitas di medan-tengah tanpa memberi kesempatan bagi Putih memperoleh keunggulan dinamis.

Marilah ikuti contoh dalam bentuk varian sebagai berikut:

3. Kg1 – f3

Kalau 3. e3 bisa terjadi 3. ….. e5, tetapi yang sederhana adalah 3. …. Kf6, mengikuti varian yang sama seperti langkah teks. Terhadap 3. e4 yang paling aman ialah 3. ….. c5.

3. ….. Kg8 – f6

Maksud utamanya menahan 4. e4.

4. e2 – e3 c7 – c5!

Lebih cepat lebih baik. Bidak gambit itu tidak mungkin dipertahankan. Segala upaya yang menuju ke arah itu akan membawa kerugian, baik kecil maupun besar, umpamanya: 4. ….. b5 5. a4, c6 6. axb5, cxb5 7. b3, cxb3 8. Gxb5+ dan seterusnya, atau 7. ….. Ge6 8. bxc4, bxc4 9. Ke5!, Mc7 10. Ma4+ berikut 11. Gxc4 dan seterusnya. Keunggulan Putih di medan-tengah nyata sekali. Keadaan semacam ini kita sebut keunggulan mutlak.

5. Gf1 x c4 e7 – e6

6. Kb1 – c3 c5 x d4

dan Putih mempunyai pilihan berikut:

I. 7. e3 x d4. Yang terbaik. Bidak di d4 yang terpencil memperlihatkan segi baiknya yang utama, ialah sebagai bidak-tengah. Kedudukan Putih sedikit lebih baik.

II. 7. Md1 x d4, Md8 x d4 8. Kf3 x d4. Ini tidak menghasilkan apa-apa. Susunan bidak-bidak yang seluruhnya simetris itu nampaknya lebih dekat dengan hasil remis.

III. 7. Kf3 x d4, Gf8 – e7. Juga ini hanya remis yang dapat diharapkan. Bila 7. ….. e5 8. Gb5+, Gd7 9. Kf3 atau 9. Kf5 Putih masih mempunyai inisiatif.

Ada kalanya Hitam mengabaikan pertukaran di d4 dan berusaha memajukan bidak-bidaknya di sayap-menteri, sedangkan Putih menunda perkembangan Kuda-menterinya, umpamanya (3. Kf3, Kf6 4. e3, c5 5. Gxc4, e6) 6. 0 – 0, a7 – a6 7. Md1 – e2, Kb8 – c6 8. Kb1 – c3 (lebih kuat dari langkah kuno 8. Bd1) 8. ….. B7 – b5 9. Gc4 – b3.

DIAGRAM 44


Dari bangunan yang pelik ini, permainan dapat berlanjut ke beberapa arah:

2a. 9. ….. c4 10. Gc2, Ge7 11. Bd1, 0 – 0 12. e4

Walaupun Hitam mempunyai kelebihan bidak di sayap-menteri, tetapi keunggulan Putih di medan-tengah dalam situasi sekarang merupakan jaminan untuk keberhasilan serangan terhadap Raja lawan, yang dipelopori oleh langkah-langkah seperti e4 – e5 atau d4 – d5. Sebagian besar para perwira Putih sudah siap siaga untuk memberikan pukulan yang menentukan

2b. 9. ….. Ge7 10. dxc5, Gxc5 11. e4

Juga dalam keadaan ini Putih dapat melancarkan serangan yang kuat berdasarkan keunggulan dinamisnya di medan-tengah (lihat partai dalam ayat 1 pada permulaan Bab ini).

2c. 9. ….. b4 10. d5!

Menuju keruwetan yang besar dengan Putih yang memegang kendali, umpamanya: 10. ….. exd5 11. Kxd5, Kxd5 12 Bd1 dan setelah merebut kembali perwira yang dikorbankan sementara tadi (12. ….. Ge6 13. e4), Putih jauh lebih unggul daripada Hitam dalam perkembangan buah, terlebih-lebih karena Hitam belum rokade.

2d. 9. ….. Gb7 10. Bd1, Mc7 11. d5, exd5 12. e4!

Lagi-lagi suatu aksi yang sangat berbahaya bagi Hitam. Dengan mengorbankan materinya Putih bermaksud langsung menyerbu ke jantung pertahanan Hitam. Kesempatan buat Putih baik sekali. Satu contoh: 12. ….. dxe4 13. Kxe4, Kxe4 14. Mxe4+, Ke7 15. Gxf7+, Rxf7 16. Kg5+, Re8 17. Me6 dan menang.

Mengingat penerusan-penerusan dalam varian di atas banyak yang tidak menguntungkan Hitam, maka orang terpaksa mencari jalan-jalan yang baru. Penerusan-penerusan berikut ini nampaknya bisa memberikan kemungkinan baik untuk perlawanan yang seimbang.

Varian Alyechin: 3. Kf3, a6 4. e3, Gg4 5. Gxc4, e6 dengan kecenderungan lanjutan 6. Mb3, Gxf3 7. gxf3, b5 atau 7. ….. Ba7.

Fianseto yang dipercepat: 3. Kf3, Kf6 4. e3, c5 5. Gxc4, e6 6. 0 – 0, a6 7. Me2, b5 8. Gb3, Gb7 9. Kc3, Kbd7 10. Bd1, Mc7.

Kedudukan Hitam di sini jauh lebih baik daripada dalam diagram 44. Memang melalui korban 11. e4, cxd4 12. Kd5?! Hitam masih dihadapkan pada masalah yang pelik, tetapi dengan langkah-langkah yang tepat kemungkinan bagi Hitam tidaklah jelek.

3. 2. ….. e7 – e5 = Gambit-balasan Albin.

Suatu usaha paksaan dari Hitam yang tidak terpuji guna merebut inisiatif. Jika 3. d4 x e5, maka 3. ….. d5 – d4 adalah yang terbaik (jangan 3. ….. dxc4 karena 4. Mxd8+, Rxd8 5. e4 yang menguntungkan buat Putih). Bidak d4 memang merupakan tekanan terhadap pertahanan Putih, tetapi tidaklah cukup sebagai imbalan bidak yang dikorbankan itu. Putih mencapai perkembangan yang menguntungkan dan mempertahankan kesempatan baik yang diperolehnya melalui 4. Kg1 – f3 berikut 5. Kb1 – d2 6. g2 – g3 dan Gf1 – g2. Bidak lebihnya (e5) memang bisa menjadi lemah, tetapi hal itu berlaku juga terhadap bidak Hitam di d4.

Bahaya satu-satunya bagi Putih terletak dalam serangan yang terlalu cepat terhadap bidak Hitam yang maju ini. Umpamanya 4. e2 – e3 (yang seharusnya 4. Kf3), Gf8 – b4+ 5. Gc1 – d2, d4 x e3! 6. Gd2 x b4 (setelah 6. fxe3, maka bidak tumpuk Putih di lajur –e itu merupakan kelemahan yang serius) 6. ….. e3 x f2+ 7. Re1 – e2, f2 x g1K+! 8. Re2 – e1 (jika 8. Bxq1 maka Gg4+ Hitam menang) 8. ….. Md5 – h4+ dan Hitam unggul. Suatu keadaan yang luar biasa dengan Hitam memiliki tiga Kuda! (lihat diagram 45).

DIAGRAM 45

Keadaan setelah 8. ….. Md8 – h4+

4. 2. ….. c7 – c6 = Pembelaan Slavia.

Pembukaan ini sudah kita jumpai juga dalam Bab I. Hitam menunjang medan-tengahnya yang terancam itu dengan bidak, tanpa menutup jalan keluar bagi Gc8. Setelah

3. Kg1 – f3 Kg8 – f6

4. e2 – e3 Gc8 – f5

seperti yang terjadi juga dalam partai Bab I, Hitam mencapai tujuannya: membawa Gc8 keluar dari kerangka bidaknya dan membentuk medan-tengah yang kokoh.

Marilah kita selidiki banguan ini, apakah mengeluarkan Gajah itu dalam keadaan ini mempunyai keberatan-keberatannya. Kemungkinan untuk itu sudah kita kupas dalam Bab II. Ada dua faktor yang bisa berarti kelemahan pada sayap-menteri Hitam:

a. bidak b7 tidak terjaga;

b. bahaya yang setiap saat muncul melalui diagonal a4 – e8 harus ditanggulangi tanpa bantuan Gf5. (Bila e6 sudah dijalankan, dan memang harus sebagai kelanjutan dari Gf5).

Suatu usaha yang cekatan untuk menarik keuntungan dari posisi ini ialah dengan jalah membuka diagonal a4 – e8 melalui cxd5. Penukaran ini harus dilakukan sebelum Hitam menjalankan e6. Kalau tidak demikian, Hitam bisa membalas dengan exd5 yang seharusnya cxd5.

Kita lanjutkan:

5. c4 x d5 c6 x d5

Tentu saja Hitam tidak memukul kembali dengan Kuda atau Menteri, sebab langkah c6 sebagai penunjang medan-tengah akan kehilangan artinya.

6. Kb1 – c3 e7 – e6

Jika 6. ….. Kc6 7. Mb3, Hitam akan menemui kesulitan mengingat ancaman rangkap terhadap b7 dan d5.

7. Kf3 – e5

DIAGRAM 46

Keadaan setelah 7. Kf3 – e5

Suatu gerakan yang khas guna memanfaatkan ketidakhadiran Gc8, tetapi yang dapat dijawab oleh Hitam dengan cara yang khas pula. Langkah 7. ….. Kb8 – d7 nampaknya

Lain dari 4. e3, Putih bisa juga mencoba 4. Kb1 – c3, dengan segera menyerang medan-tengah Hitam. Sekarang 4. ….. Gf5 menjadi kurang baik, sebab dalam permainan akhir sesudah 5. cxd5, cxd5 6. Mb3, Mb6 (kalau tidak demikian tentu harus Gc8 yang dijalankan) 7. Kxd5, Kxd5 8. Mxd5, e6 9. Mb3, Mxb3 10. axb3, Gc2 kedudukan Putih lebih unggul, walaupun Hitam merebut kembali bidaknya. Lebih kuat dari 4. ….. Gf5 di sini ialah 4. ….. d5 x c4, yang menyebabkan terjadinya semacam Gambit-menteri diterima (‘Slavia yang diterima’). Beberapa variannya:

4a. 5. e2 – e3, b7 – b5 6. a2 – a4, b5 – b4 7. Kc3 – a2 (lanjutan 7. Kb1, Ga6 akan lebih ruwet) 7. ….. e7 – e6 8. Gf1 x c4, Gc8 – b7, dan kesempatan bagi kedua belah pihak kira-kira seimbang.

4b. 5. a2 – a4. Langkah ini adalah yang lazim dipakai untuk menangani Slavia diterima. Oleh karena a4 memerlukan satu tempo dan selain itu menimbulkan kelemahan kecil pada sayap-menteri Putih, maka Hitam tidak akan mengalami akibat yang merugikan karena dia mengalah di medan-tengah dengan 4. ….. dxc4. Sekarang 5. ….. Gc8 – f5, dan setelah langkah-langkah terbaik bagi kedua belah pihak 6. e2 – e3, e7 – e6 7. Gf1 x c4, Gf8 – b4 8. 0 – 0, 0 – 0 kedudukan kira-kira seimbang.

5. 2. ….. e7 – e6 3. Kb1 – c3, c7 – c5 = Pembelaan Tarrasch.

Pembelaan ini dengan tegas dianjurkan oleh Tarrasch. Pernah pembukaan ini tidak dipakai orang lagi dan untuk jangka waktu yang lama dianggap seolah-olah sudah dilumpuhkan. Tetapi menurut pandangan dewasa ini tidak dapat secara pasti dianggap kurang baik.

Dengan 3. ….. c5 Hitam berusaha dari permulaan untuk mengendalikan keseimbangan di medan-tengah dan sekaligus menghindari kesulitan-kesulitan yang sering diakibatkan oleh terkurungnya Gc8 untuk waktu yang lama. Kalau Putih memainkan 4. e2 – e3, yang dianggap paling baik oleh Tarrasch, maka kedudukan kedua pihak sesungguhnya sama, karena Gajah-menteri Putih juga terkurung.

Cara yang lebih tajam untuk Putih ialah berusaha agar bidak-menteri Hitam terpencil.

4. c4 x d5 e6 x d5

Di sini Putih harus bertindak bijaksana. Dengan bermain langsung untuk merebut bidak d5, dia akan terjerumus ke dalam petualangan yang berbahaya. Marilah kita perhatikan: 5. dxc5, d4! 6. Ka4, b5! (lebih kuat dari 6. ….. Gxc5 7. Kxc5, Ma5+ 8. Gd2, Mxc5 9. Bc1), 7. cxb6 e.p., axb6, dan Hitam memperoleh kesempatan menyerang yang dahsyat bagi bidak yang dikorbankannya itu.

Kepastian untuk memencilkan bidak d5 dengan jalan dxc5 itu baru dapat dianjurkan setelah Putih menguasai petak lari d4 (petak kuat yang berada di depan bidak yang terpencil itu!) secara meyakinkan dan dengan demikian mencegah bidak itu lari ke d4. Pencegatan terhadap bidak yang terpencil dalam hal-hal seperti ini selalu harus diutamakan

Lanjutan terkuat bagi Putih karena itu adalah

5. Kg1 – f3

Dalam bangunan ini, tugas terpenting bagi Hitam dalam Gambit-menteri berupa membebaskan Gc8 tidak menemui kesukaran apa-apa, tetapi di pihak lain formasi medan-tengahnya merupakan sumber dari berbagai kesulitan. Kesulitan akan lebih jelas lagi terlihat dalam varian Rubinstein sebagai berikut.

5. ….. Kb8 – c6

6. g2 – g3!

(lihat diagram 47)

DIAGRAM 47

Keadaan setelah 6. g2 – g3!

Langkah g3 yang pertama kali dimainkan oleh Schlechter tapi diolah dan digunakan oleh Rubinstein, mempunyai tiga arti:

a. Gajah-raja Putih ditempatkan di g2 untuk mengancam bidak d5;

b. Dengan menghindari petak yang lazim bagi perkembangan Gajah itu (yaitu d3), berarti memberi jalan bagi perwira lain untuk turut mengancam bidak d5 dari arah vertikal;

c. Dengan g3 itu Putih menutup kemungkinan serangan terhadap bangunan rokadenya sendiri melalui d6- h2.

Yang berkenaan dengan poin c patutlah kita ketahui, bahwa serangan semacam itu justru sering terjadi bilamana Hitam menerima kerugian oleh karena bidak –d yang terpencil dan untuk itu mendapatkan imbalan dalam bentuk kebebasan bergerak. Imbalan semacam ini tidak menjadi masalah dalam varian Rubinstein. Juga langkah g3 sama sekali tidak berarti suatu kelemahan yang dapat mengundang serangan h7 – h5 – h4 (lihat Bab IIIB) karena medan-tengah yang sudah terbuka.

Sekarang kita teruskan dengan varian Rubinstein ini:

6. ….. Kg8 – f6 7. Gf1 – g2, Gf8 – e7 8. 0 – 0, 0 – 0

Agar dapat membalas 9. dxc5 dengan 9. ….. d4. Selama Hitam memiliki balasan ini, pemukulan terhadap c5 berarti bukan merupakan bahaya besar baginya. Memang dia akan kehilangan satu bidak, tetapi sebagai imbalan dia memperoleh kedudukan yang kuat.

Jika 8. ….. c4 Putih mendapat permainan baik dengan 9. Ke5, umpamanya 9. ….. 0 – 0 10. Kxc6, bxc6 11. e4 atau boleh juga langsung 10. e4.

9. Gc1 – g5 Gc8 – e6

10. Ba1 – c1

Sekarang mengancam pemukulan ke d5, umpamanya 11. dxc5, d4 12. Kb5 dan segera merebut bidak d4, karena Hitam tidak mungkin lagi menjalankan Gxc5. Dalam bangunan ini Tarrasch menganjurkan 10. ….. Ke4 11. Gxe7, Mxe7 12. dxc5, Bad8, dengan maksud sesudah 13. Ka4, d4! memperoleh kesempatan menyerang yang kuat atas bidak yang dikorbankan itu. Tetapi Putih tidak perlu bermain hanya sekedar untuk menang bidak. Dia bisa mendapatkan posisi yang sangat menguntungkan melalui 13. Kd4! Daripada langkah Ka4.

10. ….. c5 – c4!

Ini adalah lanjutan yang terbaik. Hitam menghindarkan kemungkinan bidaknya terpencil secara tetap dan malahan mendapat kesempatan untuk memberikan perlawanan.

Liku-liku yang sama, tetapi berjalan bergandengan dengan susunan buah yang lebih terarah, kita temui dalam varian Swedia yang termasuk Pembelaan Tarrasch juga (bertolak dari diagram 47):

6. ….. c5 – c4 7. Gf1 – g2, Gf8 – b4 8. 0 – 0, Kg8 – e7

Langkah-langkah terakhir dari Hitam merupakan sistem pemikiran yang mendalam: 6. ….. c4 ditujukan terhadap dxc5, 7. ….. Gb4 terutama bertujuan untuk melemahkan pengaruh Putih atas petak e4 yang penting, dan akhirnya 8. ….. Kge7 memungkinkan Hitam mempertahankan tekanannya terhadap bidak d4, sehingga e2 – e4 sewaktu-waktu sudah kehilangan sebagian besar dari kekuatannya. (Setelah Kf6 yang seharusnya Kge7, Putih berkesempatan melenyapkan tekanan terhadap bidak d4, yaitu dengan Ke5 berikut penukaran di c6)

Varian Swedia ini ternyata dapat bertahan terhadap berbagai usaha untuk melumpuhkannya dan sampai pada tingkat tertentu dapatlah dianggap sebagai rehabilitasi bagi Pembelaan Tarrasch.

Lanjutan yang paling tajam 7. e4 ternyata tidaklah memadai karena 7. ….. dxe4 8. Kg5, Mxd4 9. Gf4, Gb4 10. Mxd4, Kxd4 11. Gxc4, Ge6 dan bagi Hitam tak ada yang perlu ditakuti.

6. 2. ….. e7 – e6 3. Kb1 – c3, Kg8 – f6 4. Gc1 – g5, Kb8 – d7 5. e2 – e3, c7 – c6 6. Kg1 – f3, Md8 – a5 = Varian Cambridge-Springs.

Jika pembelaan Tarrasch dianggap sebagai serangan balasan di medan-tengah, maka varian Cambridge-Springs ini merupakan serangan balasan sepanjang diagonal a5 – e1.

Ciri-ciri dari serangan ini sama dengan uraian kita pada Bab ini juga ayat 4. Oleh karena itu jawaban yang tepat bagi Putih mudah ditemukan. Sebagaimana halnya dengan Hitam dalam Pembelaan Slavia yang menggunakan Kuda-rajanya untuk menyelamatkan Gajah-menteri serta menggantikan tugasnya di sayap-menteri, di sini juga lanjutan yang terbaik bagi Putih adalah:

7. Kf3 – d2

(lihat diagram 48)

DIAGRAM 48

Keadaan setelah 7. Kf3 – d2

Pentingnya langkah pembelaan ini akan jelas terlihat dari akibat 7. Gd3; Hitam memperoleh permainan baik melalui 7. ….. dxc4 8. Gxc4, Ke4 atau juga langsung 7. ….. Ke4.

Setelah 7. Kd2 maka serangan sepanjang a5 – e1 dapat dipatahkan, tetapi Hitam tetap memperoleh permainan yang memuaskan, karena bisa memiliki pasangan Gajah sebagai akibat tidak terjaganya Gg5.

Dua buah lanjutan terpenting yang bertolak dari diagram 48 adalah:

6a. 7. ….. d5 x c4 (bersamaan dengan ancaman terhadap Gg5; langkah Putih berikut merupakan paksaan) 8. Gg5 x f6, Kd7 x f6 9. Kd2 x c4, Ma5 – c7 10. g2 – g3, c6 – c5, dengan kemungkinan-kemungkinan kira-kira seimbang. Putih lebih banyak menguasai ruang, Hitam mempunyai pasangan Gajah.

6b. 7. ….. Gf8 – b4 8. Md1 – c2, Kf6 – e4. (usaha ini guna tetap mempertahankan tekanan sepanjang a5 – e1 tidaklah jelek, tetapi tidak menghasilkan sesuatu yang positif. Lebih sederhana ialah 8. ….. dxc4 yang memaksa 9. Gxf6 dan permainan berlanjut menuruti aliran dalam varian I) 9. Kd2 x e4, d5 x e4 10. Gg5 – h4, juga dengan kemungkinan yang kira-kira seimbang

Sebagai pemegang buah Putih, banyak pemain yang lebih suka menghindari varian Cambridge-Springs ini. Hal itu dapat dilakukan paling baik dengan 6. c4 x d5 yang mestinya Kg1 – f3, dan setelah jawaban 6. ….. e6 x d5 terjadilah apa yang dinamakan varian tukar. Putih dapat beralih ke varian tukar ini pada berbagai kesempatan, umpamanya: 1. d4, d5 2. c4, e6 3. cxd5, exd5 atau setelah 1. d4, d5 2. c4, e6 3. Kc3, Kf6 4. Gg5, Kbd7 5. cxd5, exd5.

Bangunan yang terjadi setelah pertukaran-pertukaran tadi ditandai dengan Putih memperoleh lajur –c yang setengah terbuka dan Hitam mendapat lajur –e yang setengah terbuka. Dalam hubungan ini dipersilahkan membaca kembali tinjauan kita tentang lajur setengah terbuka (Bab IIA, 2a).

7. 2. ….. e7 – e6 3. Kb1 – c3, Kg8 – f6 4. Gc1 – g5, Gf8 – e7 5. e2 – e3, 0 – 0 6. Kg1 – f34, Kb8 – d7 = Gambit-menteri Ortodoks.

Bertentangan dengan kedua varian sebelumnya, di sini Hitam (walaupun untuk sementara) tidak berusaha untuk merebut inisiatif. Hal ini menyebabkan masalah perkembangan Gc8 digeser ke babak tengah. Lanjutan yang paling lazim bagi Putih adalah:

7. Ba1 – c1

(lihat diagram 49)

DIAGRAM 49

Keadaan setelah 7. Ba1 – c1

7. Mc2 atau 7. Gd3 ada juga dimainkan orang. Jawaban yang baik untuk itu adalah 7. ….. c5. ini dapat menuju kepada terpencilnya bidak d4 atau bidak d5, tetapi tidak terlau mengganggu keseimbangan. Yang perlu diperhatikan ialah, bidak d5 pada umumnya bisa lebih cepat menjadi lemah dibandingkan bidak d4.

Dari diagram 49, Hitam mempunyai lebih kurang empat lanjutan yang memuaskan. Kita akan membahasnya dalam 7a, b, c dan d.

7a. (bertolak dari diagram 49):

7. ….. c7 – c5. Langkah ini pernah mendapat pujian, tetapi tak pernah diuji dalam praktek. Kita sangat menyangsikan, apakah setelah 8. d4 x c5 Hitam masih bisa mencapai permainan yang memuaskan. Lanjutan terbaik baginya tak dapat tidak ialah 8. ….. d5 x c4, yang kemudian akan disusul oleh 9. c5 – c6! yang sangat kuat.

7b. (dari diagram 49):

7. ….. b7 – b6. Sebuah lanjutan kuno yang mengandung beberapa bahaya.

Yang terkuat bagi Putih ialah 8. c4 x d5, e6 x d5 9. Gf1 – d3, Gc8 – b7 10 . 0 – 0, c7 – c5 11. d4 x c5 (kalau tidak maka c5 – c4 bisa menyulitkan) 11. ….. b6 x c5 12. Md1 – e2, disusul oleh Bf1 – d1. Putih mendapat kesempatan menyerang di sayap-raja dan selain itu ada harapan bidak-bidak c5 – d5 (yang dinamakan bidak-bidak tergantung) menjadi lemah. Sebaliknya, kebebasan bergerak bagi Hitam pada hakekatnya berlalu tanpa dikehendaki.

Sebagai pengganti Gf1 – d3 ada juga dimainkan 9. Md1 – a4, disusul oleh Gf1 – a6 dengan maksud setelah penukaran, mengambil keuntungan dari kelemahan sayap-menteri Hitam. Cara ini juga mengandung beberapa harapan.

7c. (dari diagram 49):

7. ….. a7 – a6. Untuk dilanjutkan dengan dxc4 dan b5 dan bila perlu mengusir Kuda Putih di c3. Jawaban Putih adalah 8. c4 x d5, e6 x d5 9. Gf1 – d3, c7 – c6 10. Md1 – c2 dan kemudian memanfaatkan lajur –c yang setengah terbuka dengan: Kc3 – a4 – c5 dan a2 – a4, b2 – b4 – b5 dan sebagainya. (Bandingkan dengan Bab II, ‘lajur setengah terbuka’ maupun penutup pada angka 6 Bab ini).

Dengan demikian Putih mempunyai keuntungan dalam bentuk Gajah bagus, karena pertukaran Ge7 terhadap Gg5 praktis pasti terjadi.

7d. (dari diagram 49):

7. ….. c7 – c6 8. gf1 – d3, d5 x c4 9. Gd3 x c4.

Dari sini lanjutan permainan bisa bercabang dua, tergantung dari pilihan Hitam akan mengeluarkan Gc8 ke arah sayap atau ke medan-tengah. Kita akan membahasnya secara terpisah.

7d/1. 9. ….. b7 – b5 10. Gc4 – d3, a7 – a6. Sebagaimana halnya dengan lanjutan pada 7c, motifnya di sini adalah juga penyerbuan di sayap-menteri. Bila Putih menjalankan langkah pasif 11. 0 – 0, maka Hitam akan memperoleh posisi bagus setelah 11. ….. c6 – c5 12. Md1 – e2, Gc8 – b7 13. Bf1 – d1, Md8 – b6, sehingga masalah Gc8 terpecahkan secara ideal sekali. Praktis dapat dikatakan bahwa Hitam mempunyai dua Gajah bagus.

Dengan 11. a2 – a4 (sebagai pengganti 11. 0 – 0) Putih bisa juga merintangi Hitam. Setelah 11. ….. b5 – b4 12. Kc3 – e4, Hitam tidak bisa lagi menjalankan c6 – c5 serta mendapat kedudukan buruk. Yang benar adalah 11. ….. b5 x a4! 12. Kc3 x a4, Md8 – a5+ 13. Ka4 – c3, c6 – c5 atau Ge7 – b4 dengan perlawanan yang layak bagi Hitam.

7d/2. 9. ….. Kf6 – d5. Inilah varian utama dari Gambit-menteri Ortodoks. Tujuan Hitam ialah membuka diagonal c8 – h3. Setelah 10. Gg5 x e7, Md8 x e7 11. 0 – 0, Kd5 x c3 12. Bc1 x c3, e6 – e5 tak banyak lagi masalah bagi Hitam, terkecuali kalau Putih berhasil menghalangi atau sekurang-kurangnya mempersulit perkembangan Gc8 ke jurusan h3. Hal ini barangkali mungkin sebagai berikut: 13. d4 x e5, Kd7 x e5 14. Kf3 x e5, Me7 x e5 15. f2 – f4. Dengan cara ini Putih melancarkan serangan yang berbahaya terhadap pertahanan Raja Hitam (didasarkan pada Bab IIIA yang berhubungan dengan ketentuan memajukan kelebihan bidak). Bila 15. ….. Me5 – e7 atau Me5 – f6, menyusul 16. f4 – f5, dan 15. ….. Me5 – e4 akan dibalas dengan 16. Gc4 – b3. Lanjutan terbaik bagi Hitam terdiri dari 15. ….. Mf6 16. f5, b5 17. Gd3, b4 18. Bc2, Bd8 dengan kesempatan yang seimbang.

Pada akhir tinjauan kita tentang Gambit-menteri ini, kita sekali lagi ingin menyinggung manuver Lasker yang dalam berbagai peristiwa berarti jalan keluar bagi kesulitan-kesulita ruang gerak yang harus diatasi oleh Hitam: 1. d2 – d4, d7 – d5 2. c2 – c4, e7 – e6 3. Kb1 – c3, Kg8 – f6 4. Gc1 – g5, Gf8 – e7 5. e2 – e3, 0 – 0 6. Kg1 – f3 (sampai di sini Ortodoks biasa) 6. ….. h7 – h6 7. Gg5 – h4, Kf6 – e4.

Inilah langkah pengenal untuk sistem Lasker. Sesudah 8. Gxe7, Mxe7 9. cxd5, Kxc3 10. bxc3, exd5 kedudukan Hitam cukup memuaskan.

Putih bisa menimbulkan kesulitan-kesulitan yang lebih banyak terhadap lawannya dengan 8. Gxe7, Mxe7 9. Mc2, c6 10. Gd3, Kxc3 11. Mxc3.

Lanjutan ini setelah nantinya d5 x c4 akan menuju ke bentuk-bentuk bangunan dalam Ortodoks 7d/2.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar